Ramiyah (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. Nim 8156181023 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. Nim 8156181023 APPRPVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. Nim 8156181023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. Nim 8156181023 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. Nim 8156181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. Nim 8156181023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. Nim 8156181023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
11. Nim 8156181023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
12. Nim 8156181023 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD Negeri Percobaan Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning dan strategi pembelajaran konvensional; untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, visual dan kinestetik; untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dan sampel diambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 60 orang yang terdiri dari 30 dari kelas Va dan 30 dari kelas Vb SD Negeri Percobaan Kota Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran PBL dengan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Konvensional. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu rata-rata 84,00 pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata 75,33 dibandingkn kelas kontrol. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PKn peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dan visual. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa rata-rata 88,18 pada visual lebih tinggi dari rata-rata 82,73 pada auditori. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn peserta didik. Hal ini terlihat bahwa interaksi antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, lebih mampu menerima pembelajaran karena permasalahan yang dihadapi langsung dapat dilihat dan dipecahkan secara bersama. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas V SD Negeri Percobaan Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Ram p |
Keywords: | Hasil Belajar; Gaya belajar siswa; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K623 Civil law L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2021 19:31 |
Last Modified: | 19 May 2021 19:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42170 |