Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VII MTsN Binanga Tahun Pelajaran 2017/2018

Harahap, Zulhamdi Hasian (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VII MTsN Binanga Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166182057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166182057 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166182057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166182057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166182057 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166182057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166182057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166182057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166182057 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166182057 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166182057 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166182057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166182057 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166182057 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166182057 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166182057 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166182057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166182057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166182057 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166182057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166182057 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166182057 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII (2) pengaruh gaya belajar visual dan auditori terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Binanga dengan jumlah 155 orang siswa. Sampel penelitian perlakuan model pembelajaran inkuiri yaitu kelas VII2 berjumlah 30 orang siswa dan sampel model pembelajaran ekspositori yaitu kelas VII3 berjumlah 31 orang siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket gaya belajar. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh: (1) siswa perlakuan model pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ( =77) dibanding siswa perlakuan model pembelajaran ekspositori ( = 53,74) (2) Gaya belajar visual memperoleh hasil belajar ( = 75,93) lebih tinggi dibanding siswa gaya belajar auditori ( = 52,90); dan (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa gaya belajar visual pembelajaran inkuiri ( = 73,73) memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa gaya belajar auditori dan siswa pembelajaran ekspositori gaya belajar visual dan gaya belajar auditori ( = 55,38).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Har p
Keywords: Model Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 May 2021 19:14
Last Modified: 19 May 2021 19:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42166

Actions (login required)

View Item
View Item