Harahap, Zulhamdi Hasian (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VII MTsN Binanga Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182057 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8166182057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 8166182057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8166182057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 8166182057 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 8166182057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 8166182057 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8166182057 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 8166182057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM. 8166182057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 8166182057 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII (2) pengaruh gaya belajar visual dan auditori terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Binanga dengan jumlah 155 orang siswa. Sampel penelitian perlakuan model pembelajaran inkuiri yaitu kelas VII2 berjumlah 30 orang siswa dan sampel model pembelajaran ekspositori yaitu kelas VII3 berjumlah 31 orang siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket gaya belajar. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh: (1) siswa perlakuan model pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ( =77) dibanding siswa perlakuan model pembelajaran ekspositori ( = 53,74) (2) Gaya belajar visual memperoleh hasil belajar ( = 75,93) lebih tinggi dibanding siswa gaya belajar auditori ( = 52,90); dan (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa gaya belajar visual pembelajaran inkuiri ( = 73,73) memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa gaya belajar auditori dan siswa pembelajaran ekspositori gaya belajar visual dan gaya belajar auditori ( = 55,38).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Har p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2021 19:14 |
Last Modified: | 19 May 2021 19:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42166 |