PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020

Siregar, Masda Sri Defi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4163321017 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4163321017 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4163321017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4163321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4163321017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4163321017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4163321017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4163321017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4163321017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4163321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4163321017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4163321017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163321017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163321017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4163321017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4163321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada
materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P. 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimentdengan desain two group pretestpottest
design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster
random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk pilihan berganda dan lembar penilaian untuk mengukur keterampilan siswa dan aktivitas siswa. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,19 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,58. Dan Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournaments) dalam tiga kali pertemuan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pertemuan I sebesar 72,4 (aktif), pertemuan II sebesar 77,22 (aktif), pertemuan III sebesar 82,4 (aktif). Berdasarkan hasil uji diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P.
2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 066
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pengetahuan konseptual; Momentum; Impuls; Team games tournament; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 May 2021 21:16
Last Modified: 18 May 2021 21:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42154

Actions (login required)

View Item
View Item