Siregar, Masda Sri Defi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4163321017 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
02. NIM 4163321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
03. NIM 4163321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
04. NIM 4163321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
05. NIM 4163321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
09. NIM 4163321017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM 4163321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 4163321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada
materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P. 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimentdengan desain two group pretestpottest
design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster
random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk pilihan berganda dan lembar penilaian untuk mengukur keterampilan siswa dan aktivitas siswa. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,19 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,58. Dan Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournaments) dalam tiga kali pertemuan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pertemuan I sebesar 72,4 (aktif), pertemuan II sebesar 77,22 (aktif), pertemuan III sebesar 82,4 (aktif). Berdasarkan hasil uji diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P.
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 066 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pengetahuan konseptual; Momentum; Impuls; Team games tournament; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 May 2021 21:16 |
Last Modified: | 18 May 2021 21:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42154 |