Hasibuan, Rukaiah Proklamasi (2021) Analisis Penerapan Metode Tutorial dan Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Indonesia di PGSD UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182045 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 8166182045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 8166182045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8166182045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8166182045 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8166182045 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8166182045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8166182045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182045 CHPATER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 8166182045 CHPATER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 8166182045 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran model tutorial dan diskusi kelompok pada pembelajaran jarak jauh mata kuliah bahasa Indonesia di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan; (2) Pelaksanaan pembelajaran model tutorial dan diskusi kelompok pada pembelajaran jarak jauh mata kuliah bahasa Indonesia di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan, dan; (3) Evaluasi model pembelajaran tutorial dan diskusi kelompok pada pembelajaran jarak jauh mata kuliah bahasa Indonesia di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket untuk mengumpulkan data penelitian terkait dengan penerapan model pembelajaran di PGSD Unimed. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan model pembelajaran tutorial dan diskusi kelompok pada pembelajaran jarak jauh mata kuliah bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unimed telah sesuai dengan indikator perencanaan pembelajaran yaitu signifikan, realistis, relevan, pasti, teliti, adaptable, sesuai dengan alokasi waktu serta isi perencanaan yang baik.; 2) Pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh bahasa Indonesia di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unimed telah berlangsung dengan baik dan sesuai dengan sintak atau langkah-langkah pembelajaran dari masing-masing model (tutorial dan diskusi kelompok), dan; 3) Evaluasi model pembelajaran jarak jauh bahasa Indonesia di Program Studi PGSD Unimed telah sesuai dengan indikator penilaian pembelajaran yaitu edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan. Implikasi penelitian ini adalah perlunya kerja sama dan komunikasi yang baik diantara mahasiswa dan dosen dalam menerapkan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 374.4 Has a |
Keywords: | Metode Diskusi Kelompok; Metode Tutorial; Penerapan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:40 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42145 |