PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KABUPATEN LANGKAT

Siswanto (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8096171018 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8096171018 Judul.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8096171018 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8096171018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8096171018 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8096171018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8096171018 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8096171018 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8096171018 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8096171018 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8096171018 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8096171018 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8096171018 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8096171018 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8096171018 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8096171018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8096171018 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8096171018 Bab I.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8096171018 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8096171018 Bab V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8096171018 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8096171018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan ekspositori; (2) Mengetahui apakah siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah setelah mendapat pembelajaran Statistika; (3) Mengetahui proses jawaban siswa terhadap masalah koneksi matematis melalui pembelajaran konstektual; (4) Mengetahui ketuntasan kemampuan koneksi matematis siswa.Penelitian ini menggunakan model rancangan kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini 18 SMA Negeri di Kabupaten Langkat tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang tersebar pada 18 sekolah. Sampel penelitian ini adalah SMAN 1 Binjai. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, dan setelah dilakukan validasi dan uji reliabilitas, maka instrumen penelitian ini dapat digunakan sebagai instrumen penelitian.Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Rata rata kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual (7,38) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (6,13); (2) Rata rata kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi (7,94) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah (5,89); (3) Dari hasil beberapa jawaban siswa pada pendekatan pembelajaran kontekstual terdapat proses penyelesaian jawaban tes tentang materi Statistika yang beragam; dan (4) Tingkat keberhasilan ketuntasan belajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual (24 orang atau 61,54%) adalah lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran konvensional (13 orang atau 34,21%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sis p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Koneksi matematis; Kecerdasan logis matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 12 May 2016 18:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item
View Item