Siswanto (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8096171018 Judul.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 8096171018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. 8096171018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8096171018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 8096171018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 8096171018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. 8096171018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8096171018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8096171018 Bab I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
10. 8096171018 Bab V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
11. 8096171018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan ekspositori; (2) Mengetahui apakah siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah setelah mendapat pembelajaran Statistika; (3) Mengetahui proses jawaban siswa terhadap masalah koneksi matematis melalui pembelajaran konstektual; (4) Mengetahui ketuntasan kemampuan koneksi matematis siswa.Penelitian ini menggunakan model rancangan kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini 18 SMA Negeri di Kabupaten Langkat tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang tersebar pada 18 sekolah. Sampel penelitian ini adalah SMAN 1 Binjai. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, dan setelah dilakukan validasi dan uji reliabilitas, maka instrumen penelitian ini dapat digunakan sebagai instrumen penelitian.Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Rata rata kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual (7,38) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (6,13); (2) Rata rata kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi (7,94) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah (5,89); (3) Dari hasil beberapa jawaban siswa pada pendekatan pembelajaran kontekstual terdapat proses penyelesaian jawaban tes tentang materi Statistika yang beragam; dan (4) Tingkat keberhasilan ketuntasan belajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual (24 orang atau 61,54%) adalah lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran konvensional (13 orang atau 34,21%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sis p |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Koneksi matematis; Kecerdasan logis matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4213 |