ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UJIAN NASIONAL (UN) FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN AJARAN 2018/2019

Tambunan, Martina Yohana (2020) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UJIAN NASIONAL (UN) FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163321016  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163321016 COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163321016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163321016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163321016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163321016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163321016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163321016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163321016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163321016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163321016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163321016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163321016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif kepustakaan atau (library research) atau yang disebut juga
riset kepustakaan. Subjek pada penelitian ini yaitu UN Fisika Sekolah menengah atas tahun 2018/2019. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian Besar (77,5%) soal UN bertipe HOTS. Karakteristik pada butir soal UN hampir semua (96,7%) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Stimulus yang digunakan pada soal setengahnya adalah gambar, sedangkan sebagian kecil adalah diagram dan tabel. Karakteristik soal berpikir kritis sebesar 86,9%, setengahnya adalah indikator memfokuskan pada pertanyaan. Karakteristik soal pemecahan masalah hanya sebesar 12,8% yang sebagian kecilnya adalah indikator mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi masalah yang tidak sesuai dan memecahkan masalah berdasarkan data dan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 059
Keywords: Berpikir kritis; Pemecahan masalah; Penilaian; Kemampuan berpikir; Analisis soal; Ujian nasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 May 2021 01:32
Last Modified: 17 May 2021 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42127

Actions (login required)

View Item
View Item