Sihombing, Fitri Sun Anjelika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING MENGHADAPI ERA REVOLUSI 4.0 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4163121006 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2 NIM. 4163121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3 NIM. 4163121006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4 NIM. 4163121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5 NIM. 4163121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
9 NIM. 4163121006 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13 NIM. 4163121006 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14 NIM. 4163121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas siswa dalam kelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran harmonic sederhana kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian control group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.A 2019/2020 yang terdiri dari 8 kelas paralel. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (cluster random sampling) terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 15 buah yang telah divalidkan oleh validator. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35,49 dan 34,62. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan untuk pertemuan I 87,45, pertemuan II 91,18, dan pertemuan III 96,08. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,319 dan ttabel = 1,999, pada taraf signifikan 0,05 (th < tt). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 71,18 dan 65,16. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung
= 2,189 dan ttabel = 1,665, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Getaran Harmonik Sederhana kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 070 |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Blended learning; Edmodo; Pembelajaran konvensional; Getaran harmonik; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 May 2021 20:11 |
Last Modified: | 10 May 2021 20:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42096 |