Damanik, Fenny Cloudya (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) BENTUK PILIHAN GANDA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4163121005 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM. 4163121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3 NIM. 4163121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4 NIM. 4163121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5 NIM. 4163121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9 NIM. 4163121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13 NIM. 4163121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14 NIM. 4163121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi gelombang bunyi dan mengetahui analisis butir soal yang baik. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap define (pendefenisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap develop (pengembangan), dan (4) tahap disseminate (penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 SMAN Tunas Bangsa Pulau Burung yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen tes berbasis HOTS telah memenuhi kriteria analisis butir soal yang baik seperti validitas yang tinggi, reliabilitas tes sebesar 0,88 dengan interpretasi sangat tinggi, 73% daya pembeda tes pada kategori sangat baik, dan 93% tingkat kesukaran tes pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tes HOTS yang dikembangkan baik digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 068 |
Keywords: | Instrumen tes; Gelombang bunyi; Kemampuan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 May 2021 19:52 |
Last Modified: | 10 May 2021 19:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42095 |