Aulia, Garin Akbar (2021) Pengembangan Mutimedia Interaktif Menulis Teks Eksposisi dengan Penerapan Project Based Learning pada Siswa MTsN 1 Model Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191003 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8176191003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8176191003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 8176191003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 8176191003 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8176191003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8176191003 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8176191003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
12. NIM. 8176191003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 8176191003 BIBLIOGRAPPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan multimedia interaktif menulis teks eksposisi oleh siswa MTsN 1 Model Medan. Media yang dikembangkan yaitu berbentuk media digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas VIII MTsN 1 Model Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 88,0% kategori baik, pelayakan penyajian modul pembelajaran 93,7% kategori Sangat baik, aspek Mutimedia Interaktif 95,8% kategori sangat baik, aspek penilaian bahasa 92,5% kategori sangat Baik, dan aspek project based learning 83,3 % kategori Baik (2) validasi ahli desain meliputi desain awal 89,2% dengan kategori baik, desain isi 83,9% kategori baik, tipografi media 83,3 kategi baik, dan ilustrasi 87,5% kategori baik. (3) uji coba terbatas memperoleh skor 82,79% dengan kriteria baik (4) Uji coba diperluas memperoleh skor 80,04% kategori baik. Hasil belajar memproduksi teks eksposisi sebelum menggunakan media digital dengan model project based learning memperoleh 62,9 sedangkan hasil belajar memproduksi teks eksposisi menggunakan multimedia interaktif dengan model project based learning memperoleh 80,8. Selisih yang diperoleh 18 dari sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif dengan model project based learning. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu multimedia interaktif yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis pada guru dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada siswa. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan menulis teks eksposisi dengan mengggunakan multimedia interaktif dengan model project based learning untuk menyelesaikan sebuah teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.72 Aul p |
Keywords: | multimedia interaktif; teks eksposisi; model project based learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 May 2021 02:29 |
Last Modified: | 10 May 2021 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42094 |