Sitinjak, Elfrida (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4163121003 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2 NIM. 4163121003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3 NIM. 4163121003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4 NIM. 4163121003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5 NIM. 4163121003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
9 NIM. 4163121003 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13 NIM. 4163121003 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14 NIM. 4163121003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional, mengetahui aktivitas siswa dalam kelas eksperimen, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian control group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.A 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (cluster random sampling) terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah yang telah divalidkan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 27,69 dan 26,78. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen
mengalami kenaikan untuk pertemuan I 51,93, pertemuan II 64,29, dan pertemuan III 80,36. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,365 dan ttabel = 1,999, pada taraf signifikan 0,05 (th < tt). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 77,72 dan 60,44. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 6,149 dan ttabel = 1,669, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 069 |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Gaya; Usaha; Energi; Hukum kekekalan energi mekanik; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 May 2021 00:26 |
Last Modified: | 10 May 2021 00:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42087 |