Manik, Christian Pranata (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif Dan Sikap Percaya Diri Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8156171041 COVER .pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8156171041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM. 8156171041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 8156171041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 8156171041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM. 8156171041 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 8156171041 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM. 8156171041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156171041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. NIM. 8156171041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap
percaya diri siswa (self confidence) yang valid, praktis dan efektif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan semester genap
tahun ajaran 2019/2020, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, materi segi empat yang dikembangkan. Tahapan penelitian ini adalah Tahapan penelitian ini adalah
tahapan analisis, tahap perencanaan (design). Tahap pengembangan (develop) dan tahap uji coba (valiadasi).Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validitas Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan termasuk kategori valid, dengan nilai rata-rata dari para ahli
diperoleh: RPP (4,565) ;Buku Guru (4,475);Buku Siswa (4,508) ; Lembar Kerja Siswa (4,474); (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan
saintifik yang dikembangkan temasuk kategori praktis dengan penilaian para ahli diperoleh bahwa: pada uji coba I sebesar 4,10 (sangat tinggi/ praktis) dan pada uji
coba II sebesar 4,3 (sangat tinggi/ praktis); reliabilitas instrument perangkat pada uji coba I sebesar 98,53 (baik) dan pada uji coba II sebesar 98,20 (baik). (3) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Man p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Bepikir Kreatif; Sikap Percaya Diri Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 07:09 |
Last Modified: | 05 May 2021 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42068 |