Thursina, Intan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN KELAS X SMK TELKOM-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163142007 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 5163142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM 5163142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM 5163142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 5163142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 5163142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
10. NIM 5163142007 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
11. NIM 5163142007 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
12. NIM 5163142007 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 5163142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 5163142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM 5163142007 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash cs5 pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan kelas X SMK Telkom 2 Medan dengan kompetensi dasar bumbu, rempah, dan bahan tambahan makanan dibatasi pada materi bumbu dan rempah.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 3 validator ahli materi dan 3 ahli media dan objek penelitian adalah kelayakan media pembelajaran adobe flash cs5.
Hasil penelitian dan pengembangan : (1) Penelitian berlangsung di SMK Telkom 2 Medan yang dilaksanakan pada 12 November 2020 dan 2 Desember 2020 untuk melakukan observasi lanjutan dan validasi kepada ahli media dan ahli materi di sekolah dan dilakukan validasi pada tanggal 12 November sampai 15 Desember 2020 kepada validator yang berada di kawasan Universitas, (2)
Prosedur penelitian pengembangan ini merupakan adaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementations. Tahap analisis meliputi studi lapangan untuk menganalisis kebutuhan dan memperoleh data. Tahap design meliputi merencanakan hal-hal yang akan dicantumkan kedalam media dan membuat rancangan media yang akan dikembangkan. Tahap development meliputi tahap validasi 3 ahli materi dan 3 ahli media selanjutnya melakukan tahap revisi. Tahap implementasi meliputi pemberian produk akhir ke guru mata pelajaran untuk digunakan dan tahap publikasi ke youtube untuk digunakan masyarakat luas. Hasil penilaian ahli materi pada aspek panduan informasi mendapatkan skor rata-rata 91,1% dengan kategori sangat baik, dan aspek konten bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 96,4% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian ahli media pada aspek panduan informasi mendapatkan skor rata-rata
88,9 % dengan kategori baik, aspek penggunaan adobe flash cs5 mendapat skor rata-rata 89,5% dengan kategori sangat baik, dan aspek pemrograman 89,3% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BOGA 015 |
Keywords: | Adobe flash; Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Bumbu; Rempah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 May 2021 08:28 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42050 |