Rambe, Nur Asiyah (2020) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas VIII MTsS PP Al-Qomariah Galang. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172028 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8156172028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. NIM. 8156172028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
4. NIM. 8156172028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 8156172028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 8156172028 TABELS.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 8156172028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8156172028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
12. NIM. 8156172028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 8156172028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan.serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar observasi , angket respon siswa, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dengan mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan matematika realistik. Berdasarkan hasil validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validitas buku siswa sebesar 4,50, LKPD sebesar 4,62 dan tes kemampuan berpikir kritis dalam kategori valid. Efektivitas perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria efektif dengan ketercapaian ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,1 %., aktivitas aktif siswa memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dalam kategori baik. Serta ata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0,34 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,35 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ram p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Pendekatan Matematika Realistik; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42033 |