SITORUS, JESICA INDAH NATALIA (2020) PENGARUH KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163341018 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2. NIM 7163341018 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 7163341018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM 7163341018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM 7163341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 7163341018 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 7163341018 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM 7163341018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM 7163341018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM 7163341018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM 7163341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan lingkungan keluarga siswa terhadap karakter siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan lingkungan keluarga siswa terhadap karakter siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Jl. Jamin Ginting, KM 47, Bandar Baru Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu 102 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakn SPSS 20, untuk variabel kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 (X1), memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap karakter siswa (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (6,374 > 1,660) dan hasil yang diperoleh untuk lingkungan keluarga siswa (X2) terhadap karakter siswa (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (7,181 > 1,660). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikan 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (99,261 > 3,09). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 16,420 + 0,405 X1 + 0,428 X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 66,7% menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan lingkungan keluarga siswa secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 66,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan lingkungan keluarga siswa terhadap karakter siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi Di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013, Lingkungan .Keluarga Siswa, Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2021 15:51 |
Last Modified: | 05 May 2021 15:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42017 |