SILABAN, JULI MELIANA (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IIS SMA SWASTA METHODIST-2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7163341020_COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2.NIM.7163341020_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3.NIM.7163341020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4.NIM.7163341020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5.NIM.7163341020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6.NIM.7163341020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7.NIM.7163341020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8.NIM.7163341020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9.NIM.7163341020_BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13.NIM.7163341020_BAB V.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
14.NIM.7163341020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Lingkungan Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IIS SMA Swasta Methodist-2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IIS SMA Swasta Methodist-2 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist-2 Medan Jl. M. H Thamrin No. 96 Pasar Baru, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 143 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu 105 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakn SPSS 20, untuk variabel Lingkungan Belajar (X1), memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Hasil Belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (6,545 > 1,659) dan hasil yang diperoleh untuk Kreativitas Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (7,313 > 1,659). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikan 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (61,503 > 3,93). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 7,216 + 0,575 X1 + 0,455 X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 99,2% menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar dan Kreativitas Belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar sebesar 99,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IIS Ekonomi di SMA Swasta Methodist-2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 May 2021 16:57 |
Last Modified: | 06 May 2021 16:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42014 |