RIZKY, ICHAMULIA (2020) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163141014 COVER.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
2. NIM 7163141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
3. NIM 7163141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
4. NIM 7163141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
5. NIM 7163141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
6. NIM 7163141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7. NIM 7163141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM 7164141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM 7163141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
14. NIM 7163141014 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Edukatif dan Pemberian Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan yang beralamat di Jalan Sei Mati No. 799, Sei Mati, Kec. Medan Labuhan,Kota Medan,Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 orang siswa. Sampel sebanyak 97 orang dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian angket diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t, Uji F dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 21, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 49,031 + 0,349 X1 + 0,143 X2 + e. Analisis uji t untuk variabel Interaksi Edukatif (X1) diperoleh thitung > ttabel (4,865 >1,661) dengan nilai sig α < 0,05 atau. Hal ini berarti Interaksi Edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Pemberian Reward (X2) diperoleh thitung > ttabel (2,030 >1,661) dengan nilai sig α < 0,05. Hal ini berarti Interaksi Edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (46,359 > 3,09) dengan nilai sig α < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Interaksi Edukatif (X1) dan Pemberian Reward (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Interaksi Edukatif dan Pemberian Reward terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 9 Medan T.A 2019/2020 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Edukatif, Pemberian Reward, Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2021 15:53 |
Last Modified: | 04 May 2021 15:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42013 |