S, VERAWATY ARTA UMAY (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA BANDUNG T.P. 2019/ 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7133141114 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 7133141114 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
3. NIM 7133141114 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4. NIM 7133141114 PREFACE.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM 7133141114 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM 7133141114 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM 7133141114 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM 7133141114 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM 7133141114 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM 7133141114 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 7133141114 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, rendahnya motivasi belajar pada siswa, kurangnya respon belajar siswa ketika guru mengajar di depan kelas, status sosial ekonomi yang tergolong masih rendah, serta adanya anggapan bahwa pendidikan tinggi hanya dapat diperoleh oleh anak yang status sosial ekonomi orangtuanya mapan, sehingga siswa kelas XI memiliki minat yang rendah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bandung tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program IPS & IPA SMA Swasta Bandung yang berjumlah 95 orang dan sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana motivasi belajar dan status sosial ekonomi keluarga mampu memberi pengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Hasil analisis yang diperoleh secara parsial motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yaitu 5.999 > 1,990 (thitung>ttabel). Status ekonomi keluarga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (Y) yaitu 2.571 > 1,990 ( thitung>ttabel). Nilai Fhitung = 30.042 yang selanjutnya dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 95% (α= 0,05) dan dk = 83 – 3 yaitu 3.11. Nilai Fhitung>Ftabel (30.042 > 3.11) dan nilai Sig α=0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis ke tiga di terima, yaitu “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan status ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, Perhitungan determinasi juga di peroleh nilai R Square sebesar 0.429 yang berarti 42.9% minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa XI SMA Swasta Bandung T.P. 2019/2020 secara bersama-sama dipengaruhi motivasi belajar dan status sosial ekonomi keluarga, sedangkan 57.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMA Swasta Bandung T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi belajar, Status Sosial Ekonomi, dan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2021 15:52 |
Last Modified: | 05 May 2021 15:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42011 |