MANALU, TIARMAIDA ADELINA (2020) PENGARUH JALUR SELEKSI MASUK DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 7162141005 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2 NIM 7162141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3 NIM 7162141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4 NIM 7162141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5 NIM 7162141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
6 NIM 7162141005 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7 NIM 7162141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8 NIM 7162141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
12 NIM 7162141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13 NIM 7162141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada bulan Februari 2020. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Dengan jumlah populasi 97 mahasiswa yang terdiri dari 3 kelas dengan tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan total sampling. Dalam teknik tersebut yang dijadikan sampel adalah 97 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, angket dan wawancara.
Dari hasil penelitian uji analysis of variance diperoleh nilai F hitung sebesar 5,945 dengan sig diperoleh nilai 0,004 yang menunjukan bahwa 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata prestasi belajar (IPK) mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2018 universitas negeri medan. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji One Way Anova secara parsial diperoleh hasil jalur seleksi masuk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hasil Uji One Way Anova dari multiple comparisons terdapat perbedaan IPK mahasiswa yang berasal dari jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN Dan Jalur Seleksi Mandiri. Dari hasil uji dummy di peroleh sig nilai d1 0,002 dan nilai sig d2 0,008 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,005 hal tersebut menunjukan bahwa variabel dummy untuk jalur seleksi masuk SNMPTN Dan SBNPTN memiliki pengaruh yang signifikan terhadap IPK mahasiswa. Kemudian diperoleh nilai koefisien pada d1 sebesar 0,142 hal tersebut menjukan bahwa mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN akan bertambah IPK nya sebesar 0,142. Kemudian dari hasil d2 sebesar 0,119 hal tersebut menunjukan bahwa mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi masuk SNMPTN akan bertambah IPK nya sebesar 0,119. Persamaan analisis dummy (IPK) Prestasi Belajar = 3,317 + 0,142d1 + 0,119d2.
Secara simultan variabel kreativitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) mahasiswa ditunjukkan dengan nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,005 > 1.985. Dari hasil regresi Y = 2.916 + 0,006X2 berarti nilai konstanta (a) sebesar 2.916 artinya jika variabel independent yaitu kreativitas belajar bernilai (0), maka nilai variabel dependent yaitu prestasi belajar sebesar 2.916. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Jalur Seleksi Masuk, Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2021 15:50 |
Last Modified: | 05 May 2021 15:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42010 |