MANURUNG, RIKA EVA O (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI PIS SMA N 1 P.SIANTAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7163341035_COVER.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
2.NIM.7163341035_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4.NIM.7163341035_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5.NIM.7163341035_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6.NIM.7163341035_TABLE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7.NIM.7163341035_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8.NIM.7163341035_APENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9.NIM.7163341035_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13.NIM.7163341035_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14.NIM.7163341035_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “ rendahnya prestasi belajar siswa “ kelas XI PIS SMA Negeri 1 P.Siantar T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pengaruh Motivasi Belajar,Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI PIS SMA Negeri 1 P.Siantar.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri1 P.Siantar dengan populasi sebanyak 157 orang siswa dan sampel berjumlah 112 orang siswa yang diambil secara keseluruhan.
Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah daftar nilai raport siswa serta angket motivasi belajar,displin belajar dan fasilitas dalam bentuk skala likert sebanyak 25 item soal untuk motivasi belajar dan 20 item soal untuk disiplin belajar serta fasilitas belajar. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa motivasi belajar,disiplin belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan 2,319 + 290X1 + 227 X2 + 451 X3+ e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,577 > 1,982 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai thitung > ttabel dimana 3,920 > 1,985 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Serta nilai signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 7,384 > 1,982 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel 407,370 > 2,69 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar,disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI PIS SMA Negeri 1 P.Siantar T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar,Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 15:41 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 15:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42008 |