MAYLISA, LUCKY EVY (2020) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163341024 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. NIM 7163341024 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. NIM 7163341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM 7163341024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 7163341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
6. NIM 7163341024 TABLES.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
7. NIM 7163341024 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 7163341024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 7163341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM 7163341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM 7163341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan internet dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi Jl. Jamin Ginting No 12 Berastagi, Kabupaten Karo Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 141 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu 104 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakn SPSS 22, untuk variabel Penggunaan Internet (X1), memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel ( 5,448 > 1,660) dan hasil yang diperoleh untuk kemandirian belajar (X2) terhadap karakter siswa (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (5,332 > 1,660). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikan 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel ( 59,795 > 3,09). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 28,321 + 0,304X1 + 0,345X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 54,2% menunjukkan bahwa penggunaan internet dan kemandirian belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Internet, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 15:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 15:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42007 |