PANGGABEAN, PUTRI ADVENT (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162342004 COVER.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIM. 7162342004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
3. NIM. 7162342004. PREFACE.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
4. NIM. 7162342004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
5. NIM. 7162342004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
6. NIM. 7162342004 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 7162342004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM. 7162342004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 7162342004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162342004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM. 7162342004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis yang beralamat di jalan Batang Kuis Desa Tanjung Sari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis serta data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang dapat dikatakan aktif sebanyak 18 siswa (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86,66%). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,6 %, telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80% dari jumlah siswa dengan skor ≥23. Sedangkan untuk hasil belajar pada Pre-test, terdapat 6 siswa (20%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 56,00. Sedangkan pada post-test I terdapat 20 siswa (66,66%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,53. Untuk post-tes II terdapat 26 siswa (86,66%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,66. Sehingga dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 20%, telah memenuhi KKM yaitu 80% dari jumlah siswa dengan nilai ≥75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2020/2021 Materi Transaksi Penjualan Secara Kredit, Wesel, dan Angsuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Pendekatan Saintifik Aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41995 |