PRATIWI, NADYA IKA (2020) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA PRAMA ARTHA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163342033 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM. 7163342033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7163342033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
4. NIM. 7163342033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7163342033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
6. NIM. 7163342033 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 7163342033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7163342033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163342033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
14. NIM. 7163342033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah guru akuntansi kurang optimal dalam proses pembelajaran dan belum optimal dalam menggunakan metode pembelajaran yang menarik kemauan siswa dan semangat siswa dalam belajar. Dan seharusnya siswa dapat menguasai emosi masing-masing sehingga konsentrasi siswa sepenuhnya tertuju pada guru akuntansi yang menjelaskan materi yang diajarkan dan prestasi siswa akan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kreativitas guru dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Swasta Prama Artha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian yang diukur dengan
skala likert. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Swasta Prama Artha, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 20.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 31.401 + 0,383X1 + 0,264X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kreativitas guru (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kreativitas guru (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien kecerdasan emosional siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,003 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kecerdasan emosional siswa juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,003 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya kreativitas guru dan kecerdasan emosional siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 52,415 > 3,090 Ftabel dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 50,7%, sedangkan 49,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Guru, Kecerdasan Emosional Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 15:45 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 15:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41993 |