DEWI, RIKA RIAN (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI-AK SMK Al WASLIYAH PASAR SENEN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342034 COVER.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
2. NIM 7163342034 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
3. NIM 7163342034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
4. NIM 7163342034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
5. NIM 7163342034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 7163342034 TABLES.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
7. NIM 7163342034 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM 7163342034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
9. NIM 7163342034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
14. NIM 7163342034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Dan Faktor Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-AKSMK Al-Wasliyah Pasar Senen Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanankan di Kelas XI-AKSMK Al-Wasliyah Pasar Senen dengan jumlah populasi 68 orang. Dan sampel 68 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling.Sebelum tes pengumpulan data Motivasi Belajar dan Faktor Lingkungan terlebih dahulu instrument di uji cobakan kepada siswa di luar sampel untuk mengetahui validitas dengan product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Teknik analisi data menggunakan uji regresi berganda.
Berdasarkan analisa data dengan menggunakan program SPSS 23.00 for windowshipotesisi penelitian ini di uji dengan uji t (parsial) diperoleh ttabel pada taraf signifikan 95% untuk dk=65adalah 1,670, dan diperoleh thitung untuk
Motivasi Belajar sebesar3,559, dan thitung untuk Faktor Lingkungan sebesar 6,250. Dan uji F (simultan) diperoleh Ftabel didasarkan pada dk pembanding = k (jumlah variabel bebas) dan dk penyebut (n-k-1) pada taraf signifikan 95% dan a 5% maka diperoleh dk pembanding 3 n dk penyebut 65, maka diperoleh ftabelsebesar 3,14 dan diperoleh fhitung 112,413.Selanjutnya hasil koefisien determinasi besarnya nilai R2 adalah 0,776yang berarti variabel Motivasi Belajar dan Faktor Lingkungan memberikan pengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 77,6 % Sedangkan sisanya 22,4% dipengaruh oleh variabel- variabel lain yang di luar focus penelitian ini.
Kesimpulan penelitian 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi 2)Faktor Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) ada pengaruh yang
signifikan antara Motivasi Belajardan Faktor Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-AKSMK Al-Wasliyah Pasar Senen Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Faktor Lingkungan, Pretasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 May 2021 04:49 |
Last Modified: | 03 May 2021 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41988 |