PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

SARAGIH, MONICA RINDU (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7162342003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7162342003 COVER.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7162342003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7162342003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7162342003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7162342003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7162342003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7162342003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7162342003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7162342003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7162342003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7162342003 TABLES.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7162342003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7162342003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7162342003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7162342003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7162342003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7162342003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 7162342003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 7162342003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7162342003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7162342003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis yang beralamat di Jl. Batang Kuis Desa Tanjung Sari, Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Santifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (46,42%) yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (85,71%). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 39,29%, dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan skor ≥23. Untuk hasil belajar siswa pada pre-test terdapat 9 siswa (32,14%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 57,50. Pada Post-test I terdapat 18 siswa (64,28%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,21. Kemudian Post-test II pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,10. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan nilai ≥75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapam model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi penjualan barang dagangan secara kredit, wesel dan angsuran kelas XI SMKS Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Problem Posing, Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:52
Last Modified: 29 Apr 2021 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41981

Actions (login required)

View Item
View Item