SARAGIH, MONICA RINDU (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162342003 COVER.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM 7162342003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
3. NIM 7162342003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
4. NIM 7162342003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
5. NIM 7162342003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
6. NIM 7162342003 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 7162342003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM 7162342003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
9. NIM 7162342003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13 NIM 7162342003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM 7162342003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis yang beralamat di Jl. Batang Kuis Desa Tanjung Sari, Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Santifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (46,42%) yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (85,71%). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 39,29%, dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan skor ≥23. Untuk hasil belajar siswa pada pre-test terdapat 9 siswa (32,14%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 57,50. Pada Post-test I terdapat 18 siswa (64,28%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,21. Kemudian Post-test II pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,10. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan nilai ≥75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapam model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi penjualan barang dagangan secara kredit, wesel dan angsuran kelas XI SMKS Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Posing, Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41981 |