Widodo, Rahayu Sehat (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMAN 1 PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121015 Judul.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. 8116121015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. 8116121015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. 8116121015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. 8116121015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
6. 8116121015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. 8116121015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. 8116121015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
9. 8116121015 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116121015 Bab V.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
11. 8116121015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. (2) perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi dan yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI SMA Negeri 1 Permata pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Populasi berjumlah 128 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 64 sampel yang terdiri dari 32 sampel kelas XI IPA 1 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori sebagai kelas kontrol. Tes keterampilan berpikir kritis dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik yang mempunyai tingkat berpikir tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Syarat Anava adalah data harus berdistribusi normal dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PKn yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning lebih baik dari pada hasil belajar PKn yang dibelajarkan dengan menggunakkan model pembelajaran ekspositori, dengan Fhitung = 4,32 > Ftabel = 4,00; (2) hasil belajar PKn yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi lebih baik dari pada hasil belajar PKn yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah, dengan Fhitung = 34,25 > Ftabel = 4,00; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik, dengan Fhitung = 4,39 > Ftabel = 4,00. Hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran contextual teaching learning lebih tepat dari pada model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar PKn, dan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 320.407 12 Wid p |
Keywords: | Model pembelajaran; Berpkir kritis; Pendidikan kewarganegaraan; Ekspositori; Contextual teaching learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4198 |