Siregar, Suri Ummi (2021) Konsep Diri Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas VII Dan VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163151039 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 1163151039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 1163151039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM. 1163151039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 1163151039 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 1163151039 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM. 1163151039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 1163151039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
13. NIM. 1163151039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 1163151039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 1163151039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa serta merumuskan program bimbingan dan konseling terkait konsep diri siswa di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftip kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 Responden/siswa kelas VII dan VIII pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner yaitu angket konsep diri siswa kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa konsep diri siswa di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal dari 56 sampel diperoleh kategori sangat tinggi 4 responden (7%), kategori tinggi 17 responden (30%), pada kategori sedang 16 responden (29%), kategori rendah 16 responden (29%) dan kategori sangat rendah 3 responden (5%). Gambaran konsep diri di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Ajaran 2020/2021 yang ditinjau dari variabel dengan rata-rata perolehan skor dari 56 sampel yang dibagikan, maka konsep diri di sekolah tersebut dikategorikan sedang dengan jumlah (65%) . Ditinjau indikator nomor 1 “diri fisik (physical self)” merupakan presentase tertinggi dengan perolehan (69%) dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk perolehan deskriptor dengan presentase terendah yaitu indikator nomor 5 “diri keluarga (family self)” dengan perolehan (59%) kategori sedang. Dan tidak terdapat konsep diri siswa dalam kategori rendah dimana kategori tinggi sebanyak 5 deskriptor (28%), dan kategori sedang sebanyak 13 deskriptor (72%). Sedangkan ditinjau dari deskriptor dengan rata-rata perolehan skor dari 56 sampel yang dibagikan, maka dari 18 deskriptor disimpulkan bahwa deskriptor nomor 3 “mampu menjaga kesehatan fisik” merupakan presentase tertinggi dengan perolehan (72%) dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk perolehan deskriptor dengan presentase terendah yaitu deskriptor nomor 13 “mampu menerima pendapat orang lain” dengan perolehan (57%) kategori sedang. Berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuat program tahunan dan program semester terkait dengan bidang pribadi sosial dengan sub bidang pengembangan konsep diri siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konsep Diri Siswa; Program Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 May 2021 23:54 |
Last Modified: | 09 May 2021 23:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41972 |