Saragih, Sri Rezekiyanti (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUUM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121018 Judul.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. 8116121018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
3. 8116121018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. 8116121018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. 8116121018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. 8116121018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. 8116121018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. 8116121018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. 8116121018 Bab I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
10. 8116121018 Bab V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
11. 8116121018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar Sejarah peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Diskusi; (2) mengetahui hasil belajar Sejarah peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik dibandingkan dengan yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran berdasarkan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Swasta Al-Ulum pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 138 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 70 sampel yang terdiri dari 35 sampel kelas X-1 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran diskusi sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik yang mempunyai tingkat berpikir kritis tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Sejarah peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik dari pada hasil belajar Sejarah peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Diskusi, dengan Fhitung = 5.97 > Ftabel = 3.99; (2) hasil belajar Sejarah peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik dari pada hasil belajar Sejarah peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dengan Fhitung = 30.13 > Ftabel = 3.99; (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik, dengan Fhitung = 6.80 > Ftabel = 3.99. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PQ4R lebih tepat dari pada strategi pembelajaran diskusi dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah peserta didik, dan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi memperoleh hasil belajar Sejarah yang lebih baik dari pada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.360 9 Sar p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Berpikir kritis; Diskusi; Sejarah; Strategi PQ4R |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 17:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4197 |