AMBARITA, AYU (2020) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163142005 COVER.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
2. NIM. 7163142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7163142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
4. NIM. 7163142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (939kB) | Preview
5. NIM. 7163142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 7163142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7. NIM. 7163142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM. 7163142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
9. NIM. 7163142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
14. NIM. 7163142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat menjadi guru mahasiswa pendidikan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Jl.William Iskandar Pasar V Medan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 24.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 1,736+0,277X1+0,370X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien persepsi profesi guru (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila persepsi profesi guru (X1) mengalami kenaikan maka minat menjadi guru (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya. Begitu juga halnya nilai koefisien efikasi diri (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila efikasi diri (X2) mengalami kenaikan maka minat menjadi guru (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung sebesar 5,325 > 1,996 ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung sebesar 4,087 > 1,996 ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya persepsi profesi guru dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai Fhitung sebesar 116,075 > 3,13 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 76,9% sedangkan 23,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41964 |