DEWI, ARIYANA (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161142003 COVER.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
2. NIM 7161142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
3. NIM 7161142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
4. NIM 7161142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
5. NIM 7161142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
6. NIM 7161142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7. NIM 7161142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
8. NIM 7161142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
9. NIM 7161142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7161142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
14. NIM 7161142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan yang beralamat Jalan Pelajar Timur No.17, Teladan Timur, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dimana jumlah sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 94 siswa. Pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 20.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 15,075 + 0,394X1 + 0,476 X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kemandirian belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kemandirian belajar (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien motivasi belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila motivasi belajar siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 6,966 > 1,986 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 145,073 > 2,70 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya kemandirian belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai Fhitung sebesar 5,551 > 1,986 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 76,1%, sedangkan sisanya 23,9%, dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 15:40 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 15:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41963 |