SADDIAH, HALIMATUS (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK SWASTA TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342016 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM 7163342016 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM 7163342016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
4. NIM 7163342016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
5. NIM 7163342016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
6. NIM 7163342016 TABLES.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7. NIM 7163342016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8. NIM 7163342016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM 7163342016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM 7163342016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Tritech Informatika Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tritech Informatika Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Tritech Informatika Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 66 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sample Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitan ini
adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar
devias, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan posttest yaitu 60,89 dan 83,39 dengan standar deviasi 10,63 dan 10,63. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 54,46 dan 78,39 dengan standar deviasi yaitu 13,63 dan 9,23. Pengujian dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 1,886 dan ttabel =1,673. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan 1,886 > 1,673. Hal ini berarti hipotesis diterima yang menunjukkan bahwa hasil belajar Akuntansi kelas X Akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi dari penggunaan metode Konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Tritech Informatika Medan T.P
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching , Metode Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:15 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41962 |