SETIAWAN, ANDI (2020) PENERAPAN MODEL PAIR CHECK DAN MODEL PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7133342061 COVER.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
2 NIM. 7133342061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3 NIM. 7133342061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
4 NIM. 7133342061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
5 NIM. 7133342061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
6 NIM. 7133342061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
7 NIM. 7133342061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8 NIM. 7133342061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9 NIM. 7133342061 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 NIM. 7133342061 BAB V.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
14 NIM. 7133342061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 40 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal essay, dan lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretes dengan rata-rata 69,37, sedangkan pada posttest I tanpa menggunakan model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review dengan rata-rata 74,15, sedangkan pada posttest II dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review meningkat dengan rata-rata 83,12.
Dan berdasarkan data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, digunakan rumus uji-t dan diperoleh t_hitung sebesar 5,27 Perhitungan t_table diperoleh hasil sebesar 1,687 dengan membandingkan t_hitung dan t_table diperoleh t_hitung >〖 t〗_(table )yaitu 5,27 > 1,687 dengan kata lain Hα diterima dan Hο ditolak .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:42 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41961 |