SIAGIAN, DAVID PESTA H (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7153342003 COVER.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
2. NIM 7153342003 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (894kB) | Preview
3. NIM 7153342003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (958kB) | Preview
4. NIM 7153342003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
5. NIM 7153342003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
6. NIM 7153342003 TABLES.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7. NIM 7153342003 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
8. NIM 7153342003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
9. NIM 7153342003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7153342003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM 7153342003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa jika diterapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Bantan, Medan Tembung, Kota Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 90 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat 30% menjadi 100% pada siklus II yang termasuk dalam kriteria “Kritis”. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah rata- rata dari 30 orang siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (30%), sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (70%). Sedangkan pada siklus II sebanyak 28 siswa (93,33%) mengalami peningkatan sebesar 23,33%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Creative Problem Solving, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41959 |