HAMZAH, CHAIRIL (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163142007 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 7163142007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
3. NIM. 7163142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 7163142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (919kB) | Preview
5. NIM. 7163142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
6. NIM. 7163142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7. NIM. 7163142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8. NIM. 7163142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
9. NIM. 7163142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 7163142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
14. NIM. 7163142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi sebanyak 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 103 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 29,678 + 0,480X1 + 0,184 X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kemandirian belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kemandirian belajar (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi sisiwa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien motivasi belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila motivasi belajar siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 7,274 > 1,983 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 3,550 > 1,983 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya kemandirian belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai Fhitung sebesar 79,295 > 3,09 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 60,6%, sedangkan 39,4% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:41 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41902 |