SARAGI, MOONSEN (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163342028 COVER.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
2. NIM. 7163342028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (928kB) | Preview
3. NIM. 7163342028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
4. NIM. 7163342028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (971kB) | Preview
5. NIM. 7163342028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 7163342028 TABLES.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
7. NIM. 7163342028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
8. NIM. 7163342028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
9. NIM. 7163342028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163342028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
14. NIM. 7163342028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar Akuntansi siswa Kelas X SMK Negeri di kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan self efficacy terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa Kelas X SMK Negeri di kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan di 1). SMK Negeri 1 Medan, yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan, 2). SMK Negeri 6 Medan, yang
beralamat di Jl. Jambi No. 23 D Medan, Pandau Hilir, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, dan 3). SMK Negeri 7 Medan, yang beralamat di Jl. STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 467 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 215 siswa, dimana pengambilan sampel
Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah
menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 21.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 36,827+ 0,127X1 + 0,440X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kebiasaan belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kebiasaan belajar (X1) mengalami kenaikan, maka Prestasi Belajar Akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien self efficacy (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila self efficacy siswa (X2) mengalami kenaikan, maka Prestasi Belajar Akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,206 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Self efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai nilai thitung sebesar 11,122 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar
0,000 < 0,05. Selanjutnya kebiasaan belajar dan self efficacy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 105,564 > 3,038 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 49,4%, sedangkan 50,6% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan belajar, Self efficacy, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41900 |