TUMANGGOR, KOMNI SEPTRIDA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161142014 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM 7161142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
3. NIM 7161142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4. NIM 7161142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
5. NIM 7161142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
6. NIM 7161142014 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 7161142014 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. NIM 7161142014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 7161142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7161142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
14. NIM 7161142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diadakan di SMK Negeri 7 Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-AK 5 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan tes hasil belajar . sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitaif dan data kualitatif.
Hasil analisis data observasi keaktifan siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata keaktifan siswa mencapai 52,68% dan belum mencapai indikator keberhasilan 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Dan meningkat pada siklus II menjadi 82,81%. Analisis data tes hasil belajar menunjukkan bahwa sebelum tindakan terdapat 11,11% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 54,72 dan belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dengan ketuntasan minimum ≥ 75. pada siklus I 27,77% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 68,05 juga belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dengan ketuntasan minimum ≥ 75 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan nilai rata-rata kelas 80,41. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan =0.05. dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 10,43 dan ttabel = 2,03. Sehinggathitung > ttabel (10,43 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha = X>Y diterima dan Ha = X= Y ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Uji T, Model Pembelajaran Think Pair Share, Strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41897 |