SUFIDA, FADHILLA (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162142001 COVER.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
2. NIM 7162142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
3. NIM 7162142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
4. NIM 7162142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
5. NIM 7162142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (921kB) | Preview
6. NIM 7162142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
7. NIM 7162142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
8. NIM 7162142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
9. NIM 7162142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
14. NIM 7162142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi Belajar siswa akuntansi SMKS Tunas Karya Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi
belajar siswa akuntansi SMKS Tunas Karya Batang Kuis yang beralamat di Jalan Batang Kuis, Tanjung Sari, Kec. Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Akuntansi sebanyak 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 89 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 6,002 + 0,172X1 + 0,618 X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien lingkungan
keluarga (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila lingkungan keluarga (X1) mengalami kenaikan, maka motivasi belajar sisiwa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien teman sebaya (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila teman sebaya (X2) mengalami kenaikan, maka motivasi belajar siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung sebesar 3,644 > 1,986 t-tabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Teman sebaya juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung sebesar 8,083 > 1,986 t-tabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya lingkungan keluarha dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 61,454 > 3,10 F-tabel dengan
nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 59,0%, sedangkan 41,0% dijelaskan oleh variabel lain yang
relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41894 |