KHAIRUNNISA (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162142004 COVER.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
2. NIM 7162142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM 7162142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (845kB) | Preview
4. NIM 7162142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 7162142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
6. NIM 7162142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
7. NIM 7162142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
8. NIM 7162142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
9. NIM 7162142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
14. NIM 7162142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya
belajar visual, auditorial, kinestetik dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan, Jalan Pertiwi
No. 116, Bantan, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 54 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 35 pernyataan dengan skala likert 4 point, 25 pernyataan untuk gaya belajar dan 10 pernyataan untuk disiplin belajar. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual (X1) terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 5,223 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Gaya belajar auditorial (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 4,458 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Selanjutnya gaya belajar kinestetik (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 3,015 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,003 < 0,05). Kemudian disiplin belajar (X4) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 2,938 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,005 < 0,05). Koefisien determinasi sebesar 70,6%, menunjukkan bahwa 70,6% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan disiplin belajar sedangkan sisanya 29,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41889 |