WAHYUNI, SRI (2020) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NUR AZIZI TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162142006 COVER.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
2. NIM 7162142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
3. NIM 7162142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
4. NIM 7162142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
1. NIM 7162142006 COVER.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
1. NIM 7162142006 COVER.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. NIM 7162142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
6. NIM 7162142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
7. NIM 7162142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8. NIM 7162142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
9. NIM 7162142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7162142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
14. NIM 7162142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar Akuntansi Dasar kelas X Akuntansi SMK Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar dan pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di Jln. Pahlawan No. 28-A, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 45 pernyataan dengan skala likert 5 point, 25 pernyataan untuk manajemen kelas dan 20 pernyataan untuk motivasi belajar. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan dalam hipotesis 1 dan hipotesis 2 adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisis regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5% untuk variabel X dan Y1 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien korelasi (t-hitung) sebesar 15,253 dan R Square 0,719 atau 71,9% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan manajemen kelas terhadap motivasi belajar sebesar 71,9%. Selanjutnya untuk variabel X dan Y2 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien korelasi (t-hitung) sebesar 11,214 dan R Square 0,580 atau 58% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan manajemen kelas terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 58 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Kelas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41884 |