PURNAMA, SRI DAHAYU (2020) PENGARUH MICROTEACHING, PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2016 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7161141035-COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM.7161141035-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. NIM.7161141035-PREFACE.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4. NIM.7161141035-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
5. NIM.7161141035-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
6. NIM.7161141035-TABLES.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
7. NIM.7161141035-ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
8. NIM.7161141035-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
9. NIM.7161141035-CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM.7161141035-CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
14. NIM.7161141035-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah kurangnya minat untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh microteaching, program magang kependidikan dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan Jl. Williem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, yang dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Sampel sebanyak 93 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menyebarkan angket yang diperoleh 25 angket dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.
Dari hasil analisis diperoleh adanya pengaruh yang positif dan signifikan variabel microteaching (X1), program magang kependidikan (X2) dan informasi dunia kerja (X3) terhadap minat menjadi guru (Y) mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Hal ini ditandai dengan nilai thitung > ttabel dimana hasil uji variabel microteaching menunjukkan nilai thitung sebesar 2,841, program magang kependidikan menunjukkan nilai thitung sebesar 2,122 dan informasi dunia kerja menunjukkan nilai thitung sebesar 2,150 dimana lebih besar dari ttabel 1,986. Dan diperoleh bahwa nilai Fhitung sebesar 8,026 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya Fhitung>Ftabel (8,026>2,71) pada taraf = 5% atau 0,000<0,05. Dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 59%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dari microteaching, program magang kependidikan dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru. Dengan demikian diharapkan agar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran microteaching dan melaksanakan kegiatan magang secara bersungguh-sungguh dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | microteaching, program magang kepndidikan, informasi dunia kerja, minat menjadi guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:36 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41875 |