SIREGAR, IKA MUSRIANA (2020) PENGARUH LOCUS OF CONTROL (LOC) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 TORGAMBA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141015-COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM. 7161141015-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
3. NIM. 7161141015-PREFACE.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
4. NIM. 7161141015-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
5. NIM. 7161141015-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
6. NIM. 7161141015-TABLES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7. NIM. 7161141015-ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 7161141015-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 7161141015-CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7161141015-CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
14. NIM. 7161141015-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya locus of control dan motivasi belajar siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Torgamba T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh locus of control dan motivasi belajar terhadaap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Torgamba T.A 2019/2020.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Torgamba dengan populasi sebanyak 66 orang siswa dan sampel berjumlah 66 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket locus of control sebanyak 20 item pertanyaan dan angket motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk skala likert sebanyak 25 item pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa locus of control dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini dilihat dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 17,537 + 0,449 X1 + 0,443 X2 + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara locus of control terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,458 > 1,669 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dimana nilai thitung > ttabel dimana 4,619 > 1,669 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 47,941 > 3,14 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan locus of control dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Torgamba T.A 2019/2020, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Locus of Control, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:34 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41869 |