SARI, HINDUN NENI (2020) PENGARUH ONLINE SHOP DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1_NIM_7163341016_COVER.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
2. NIM 7163341016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7163341016 PREFACE.docx.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
4. NIM 7163341016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
5.NIM 7163341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
6. NIM_7163341016_TABLES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
7. NIM 7163341016 ILUSTRATION.docx.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8_NIM_7163341016_APPENDICS.docx.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
9_NIM_7163341016_CHAPTER I.docx.pdf - Published Version
Download (2MB)
13_NIM_7163341016_CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
14_NIM_7163341016_BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh total sampel sebanyak 88 mahasiswa dengan jenis random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus product moment pearson dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah Koefesien Determinasi (R2) dan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji f.
Hasil analisis berganda diperoleh persamaan Y = 6,088 + 0,246 X1 + 0,666 X2. Selanjutnya koefesien determinasi (R2) 0,607 yang artinya adalah sebesar 60,7% variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 39,3% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini. berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel (3,835>1,662) dan ada pengaruh positif dan signifikan variabel kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung>ttabel (10,544>1,662. Sedangkan uji f diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai fhitung>ftabel (65,708>3,10) dan nilai signifikansi sebesar α (0,00 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Online Shop, Kelompok Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41868 |