ANDRIANI, SINTA (2020) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO SEBAGAI WUJUD PERSPEKTIF INDUSTRI 4.0. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163341039 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM 7163341039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (785kB) | Preview
3. NIM 7163341039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
4. NIM 7163341039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
5. NIM 7163341039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
6. NIM 7163341039 TABLES.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
7. NIM 7163341039 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
8. NIM 7163341039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
9. NIM 7163341039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163341039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
14. NIM 7163341039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permaslahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran blended learning menggunakan Edmodo terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evluation). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Uji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran serta responden siswa. Responden adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bagan Sinembah yaitu uji coba kelas eksperimen 30 orang siswa.
Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata 86,67 % dengan kategori sangat layak. Lalu hasil penilaian dari ahli media memperoleh nilai rata-rata 90,43% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh skor 93,58% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran diperoleh hasil rerata skor sebesar 91,33% (sangat baik). Sementara berdasarkan rerata hasil belajar siswa diketahui perolehan skor rata-rata pada uji coba kelas kontrol adalah 2,9 dan uji coba kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 3,6 dengan skor kriteria efektif yakni 2,67. Oleh karena itu berdasarkan rerata keseluruhan validasi ahli dan rerata skor tanggapan dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan edmodo dalam pembelajaran ekonomi lebih efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi dibandingkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Edmodo, Ekonomi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 06:36 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41862 |