ASTUTI, ANNISA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X Ak Di SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342004 COVER.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
2. NIM 7163342004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. NIM 7163342004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
4. NIM 7163342004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
5. NIM 7163342004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
6. NIM 7163342004 TABLES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7. NIM 7163342004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
8. NIM 7163342004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 7163342004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13. NIM 7163342004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
kelas X AK dengan menerapkan model pembelajarn Small Group Discussion.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai beralamat di Jl. Samanhudi No.20, Satria Kec.Binjai Kota, Kota Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 dengan jumlah 35 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion. Pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang dilakukan
data kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I jumlah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 belum mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 70 belum mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 66,71% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II diperolah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 sudah mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 70 sudah mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 81, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dapat
meingkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Small Group Discussion. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:53 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41861 |