PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 9 MEDAN T.P 2019/2020

SIREGAR, OLVIA (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 9 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7163141027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7163141027 COVER.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7163141027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7163141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7163141027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7163141027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7163141027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7163141027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7163141027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7163141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7163141027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7163141027 TABLES.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7163141027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7163141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7163141027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7163141027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7163141027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7163141027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7163141027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7163141027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7163141027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7163141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS 3 SMAN 9 Medan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Medan pada tahun pembelajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan yang beralamat di Jl.Sei Mati No 799 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 9 Medan dengan jumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi adalah berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dan observasi digunakan untuk melihat kemampuan berpikir kritis yang berpedoman pada lima indikator Angelo. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Indikator keberhasilan tindakan dilakukan dengan menentukan indikator proses, indikator output, kemampuan berpikir kritis ditentukan jika 75% dalam kategori kritis, dan hasil belajar ekonomi ditentukan jika siswa memperoleh nilai ≥75 dan kelas dinyatakan mencapai ≥90% dan Indikator Dampak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 59,9% dengan mendapatkan kategori Cukup kritis. Untuk siklus II, rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 75,9% dengan mendapatkan kategori kritis. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning memiliki presentase sebesar 14,2% dengan nilai rata-rata 66,5. Pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 57,1% dengan rata-rata 73,17. Sedangkan pada siklus II, presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,7% dengan rata-rata 87,25. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Medan T.P 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning , Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:36
Last Modified: 19 Apr 2021 06:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41853

Actions (login required)

View Item
View Item