SIREGAR, OLVIA (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 9 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163141027 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM. 7163141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
3. NIM. 7163141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
4. NIM. 7163141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
5. NIM 7163141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
6. NIM. 7163141027 TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM. 7163141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM. 7163141027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 7163141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
14. NIM. 7163141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS 3 SMAN 9 Medan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Medan pada tahun pembelajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan yang beralamat di Jl.Sei Mati No 799 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 9 Medan dengan jumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi adalah berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dan observasi digunakan untuk melihat kemampuan berpikir kritis yang berpedoman pada lima indikator Angelo. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Indikator keberhasilan tindakan dilakukan dengan menentukan indikator proses, indikator output, kemampuan berpikir kritis ditentukan jika 75% dalam kategori kritis, dan hasil belajar ekonomi ditentukan jika siswa memperoleh nilai ≥75 dan kelas dinyatakan mencapai ≥90% dan Indikator Dampak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 59,9% dengan mendapatkan kategori Cukup kritis. Untuk siklus II, rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 75,9% dengan mendapatkan kategori kritis. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning memiliki presentase sebesar 14,2% dengan nilai rata-rata 66,5. Pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 57,1% dengan rata-rata 73,17. Sedangkan pada siklus II, presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,7% dengan rata-rata 87,25. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning , Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 06:36 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41853 |