BANGUN, HOSIANNA MAHARANI BR (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR AKUNTANSI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163142016 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2. NIM 7163142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3. NIM 7163142016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM 7163142016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
5. NIM 7163142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
6. NIM 7163142016 TABLES.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7. NIM 7163142016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM 7163142016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM 7163142016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163142016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14. NIM 7163142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dikarenakan minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap disiplin belajar akuntansi siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar akuntansi siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 167 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 98 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Alogaritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Dari data perhitungan untuk hipotesis minat belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar akuntansi siswa diperoleh thitung sebesar 6,588 sedangkan ttabel sebesar 1,985. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar akuntansi siswa. Selanjutnya untuk hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar akuntansi siswa diperoleh thitung sebesar 3,830 sedangkan ttabel sebesar 1,985. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Partial Least Square (PLS) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:01 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41839 |