MIRNAWATI (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN INTERNET PADA ERA MILENIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7161144028 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2 NIM. 7161144028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM. 7161144028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
4 NIM. 7161144028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5 NIM. 7161144028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
6 NIM. 7161144028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7 NIM. 7161144028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8 NIM. 7161144028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9 NIM. 7161144028 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 NIM. 7161144028 BAB V.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
14 NIM. 7161144028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar teknologi perkantoran siwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan penggunaan internet pada era milenial secara parsial dan
simultan terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X OTKP SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP sebanyak 6 kelas sejumlah 204 orang, dengan jumlah sampel 2 kelas sebanyak 69 orang, dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan
selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lingkungan belajar (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,167 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung > t tabel yaitu 2,473 > 1,99656. Sedangkan variabel penggunaan internet (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,782 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung > t tabel (6,012 > 1,99656). Sementara secara simultan variabel X1, X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung yang sebesar 26,543 yang lebih besar dari F tabel yaitu 3,13. Lingkungan belajar, penggunaan interenet memiliki determinasi sebesar 4, 46 terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan penggunaan internet pada era milenial terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | lingkungan Belajar, Penggunaan Internet, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:02 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41836 |