PURWADI (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 KISARAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144009 COVER.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
2. NIM. 7162144009 Approval Sheets.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7162144009 Preface.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
4. NIM. 7162144009 Abstract.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
5. NIM. 7162144009 Table Of Contents.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
6. NIM. 7162144009 Tables.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
7. NIM. 7162144009 Ilustrations.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
8. NIM. 7162144009 Appendices.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
9. NIM. 7162144009 Chapter 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162144009 Chapter 5.pdf - Published Version
Download (875kB) | Preview
14. NIM. 7162144009 Bibliography.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Blended Learning dengan memanfaatkan Schoology dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X SMK Negeri 1 Kisaran.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kisaran yang berlokasi di Jl Akasia Kisaran pada tahun 2019/2020 dengan jumlah populasi 72 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive samling, yaitu kelas X AP 3 sebanyak 36 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 4 sebanyak 36 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi, Soal esai terbuka, serta angket kemandirian belajar siswa.
Dari hasil analisis data kelas kontrol skor kemandirian belajar sebesar 3,78 dengan kategori “Baik” sedangkan kelas eksperimen sebesar 4,40 dengan kategori “Sangat Baik”. Data hasil belajar siswa dilihat dari skor postest pada kelas kontrol rata-rata sebesar 77,92 dengan standar deviasi 10,174 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar sebesar 87,25 dengan standar deviasi 9,802. Uji normalitas dan homogenitas data angket maupun hasil belajar instrumen pretest maupun postest diperoleh hasil Fhitung> 0,05 sehingga baik data angket maupun data hasil belajar terdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis pertama diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (55,936 > 4.11) serta nilai sig = 0,00 lebih kecil dari nilai ∝ (0,00 < 0,05) maka Haditerima, sedangkan pada uji hipotesis kedua F-hitunglebih besar dari Ftabel (216,906 > 4.11) serta nilai sig = 0,00 lebih kecil dari nilai ∝ (0,00 < 0,05). Maka Ho tidak dapat diterima dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemandirian dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran blended learning dengan bantuan Schoology lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Blended Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 01:59 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41833 |