PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK BM PANCA BUDI MEDAN T.A 2019/2020

PUTRI, NABILA UTAMA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK BM PANCA BUDI MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7162144008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7162144008 COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIIM. 7162144008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIIM. 7162144008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7162144008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7162144008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 7162144008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 7162144008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7162144008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7162144008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7162144008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7162144008 TABLES.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7162144008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7162144008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7162144008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7162144008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7162144008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7162144008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7162144008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7162144008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7162144008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7162144008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap self efficacy siswa ; 2). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 40 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen tes penelitian terdiri dari soal pre test dan post test serta angket self efficacy siswa. Sebelum soal pre test dan post test serta angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu diuji coba di kelas sebelumnya untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh dianalisis untuk mencari nilai rata-rata, varian dan standar deviasi. Tidak hanya itu data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis secara parsial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata self efficacy siswa sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange yaitu 62,85 dan 81,15 dengan standar deviasi 9,68 dan 4,44. Sementara itu untuk hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange memiliki rata-rata sebesar 70,02 dan 81,31 dengan standar deviasi 17,39 dan 11,31. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data self efficacy siswa dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal (sig > 0,05) dan homogen (sig > 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:1) Hasil model pembelajaran kooperatif tipe rte terhadap self efficacy diperoleh thitung yaitu 10,864 dengan taraf sig. 0,00; 2) Hasil model pembelajaran kooperatif tipe rte terhadap hasil belajar diperoleh thitung yaitu 3,444 dengan taraf sig. 0,001. Dalam hal ini kedua hipotesis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap self efficacy siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas x SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rotating Trio Exchange, Self Efficacy Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Apr 2021 04:35
Last Modified: 16 Apr 2021 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41832

Actions (login required)

View Item
View Item