PUTRI, NABILA UTAMA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK BM PANCA BUDI MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144008 COVER.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIIM. 7162144008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
3. NIM. 7162144008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
4.NIM. 7162144008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM. 7162144008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
6. NIM. 7162144008 TABLES.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7. NIM. 7162144008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 7162144008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
9. NIM. 7162144008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162144008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM. 7162144008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap self efficacy siswa ; 2). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 40 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen tes penelitian terdiri dari soal pre test dan post test serta angket self efficacy siswa. Sebelum soal pre test dan post test serta angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu diuji coba di kelas sebelumnya untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh dianalisis untuk mencari nilai rata-rata, varian dan standar deviasi. Tidak hanya itu data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis secara parsial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata self efficacy siswa sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange yaitu 62,85 dan 81,15 dengan standar deviasi 9,68 dan 4,44. Sementara itu untuk hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange memiliki rata-rata sebesar 70,02 dan 81,31 dengan standar deviasi 17,39 dan 11,31. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data self efficacy siswa dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal (sig > 0,05) dan homogen (sig > 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:1) Hasil model pembelajaran kooperatif tipe rte terhadap self efficacy diperoleh thitung yaitu 10,864 dengan taraf sig. 0,00; 2) Hasil model pembelajaran kooperatif tipe rte terhadap hasil belajar diperoleh thitung yaitu 3,444 dengan taraf sig. 0,001. Dalam hal ini kedua hipotesis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange terhadap self efficacy siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas x SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Rotating Trio Exchange, Self Efficacy Siswa, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 04:35 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41832 |