Efendi, M. Yus (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710051 Judul.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. 081188710051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 081188710051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. 081188710051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. 081188710051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 081188710051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 081188710051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 081188710051 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. 081188710051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
10. 081188710051 Bab I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
11. 081188710051 Bab V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
12. 081188710051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana efektivitas dan respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa pada materi peluang di SMA Negeri 2 Binjai pada tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflective). Metode yang digunakan adalah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah selama proses pembelajaran dikelas. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir disetiap siklus I dan II, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan angket respon siswa terhadap pelaksanan pembelajaran berbasis masalah. Dari 32 orang siswa terdapat 28 orang siswa (87,50%) dinyatakan tuntas secara individual yaitu siswa yang mendapat nilai ≥ 76 degan rata-rata 80,56. Nilai rata-rata kelas adalah 79,25 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal direncanakan minimal adalah 85%.Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah yang didesain dengan membentuk kelompok-kelompok belajar kecil yang terdiri dari 5-6 orang sangat baik dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan penalaran matematika. 87% siswa memberikan respon positif dan senang terhadap proses pembelajaran, 91% siswa menyatakan memberikan kesempatan mereka untuk berfikir serta 84% merasa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep matematika dan mengembangkan penalaran melalui pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.207 12 Efe u |
Keywords: | Problem based learning; Penalaran matematika; Penalaran induktif; Penalaran deduktif; Mengajar; Peluang; Cognitive-field; Cognitive development; Discovery learning; Meaningful learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4180 |