SAMOSIR, OKTAVIA JESIKA (2020) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI SMK DI KABUPATEN SAMOSIR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7162142011 COVER.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
2.NIM 7162142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3.NIM 7162142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
4.NIM 7162142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5.NIM 7162142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
6.NIM 7162142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
7.NIM 7162142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
8.NIM 7162142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
9.NIM 7162142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 7162142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
14.NIM 7162142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini prestasi belajar akuntansi kelas XI akuntansi SMK di kabupaten Samosir yang masih tergolong cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi; (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi; (3) pengaruh lingkungan teman sebaya dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian di lakukan di SMK kabupaten Samosir yakni SMK N 1 Nainggolan dan SMK Swasta Karya Jaya Pangururan pada bulan Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI akuntansi SMK di kabupaten Samosir yang berjumlah 166 orang siswa dan sampel sebanyak 117 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi; (2) lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi; (3) secara simultan, lingkungan teman sebaya dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,142 atau 14,2 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 01:07 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 01:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41799 |